Ada 5 pekerjaan online (internet) yang mampu menghasilkan uang

 1). Kerja Online.

Sudah pasti sebagai pemula saya mencari pekerjaan daring yang bisa dikerjakan dengan mudah dan memberikan penghasilan tanpa harus keluar modal besar, mulailah saya cari tahu di Google, Yahoo, Bing dan DuckDuckGo alhasil saya dapati banyak sekali cara yang ditawarkan di sana, tapi saya lebih tertarik dengan yang namanya "Kerja Online" karena sesuai dengan keinginan saya yaitu mudah dan tidak butuh modal kecuali kuota internet. Dari situ saya mulai serius menekuninya dan ini menjadi pekerjaan daring yang pertama kali saya tekuni sebelum pekerjaan lain.

  • Kerja online itu banyak jenisnya, seperti:
    Install Apps - Testing - Survey - Watching Ads - Entry Data - Paid To Click - Paid To Surf - Paid To Promote - Paid To Signup - Paid To Purchase - Paid To Share - Paid To Review - Paid To Read dan banyak lagi.
  • Beberapa website/aplikasi kerja online yang pernah saya coba:
    Clixsense, EasyHits4u, Neobux, BTCClicks, SurveySavvy, YouGov, Toluna, VindaleResearch, PaidViewPoint, GlobalTestMarket, Streetbees, iPanelOnline, Mobrog, SuperPayMe, AdFly, RefBan, Wordlinx, MintVine, Swagbuck, PerkTV, RewardsTV, InboxDollars, CheetahKeyboard, CashCrate, Donkeymails, 2Captcha, Kolotibablo, You-Cubez, Ayuwage dan banyak lagi.
  • Yang namanya kena SCAM sudah pasti sering, tapi dengan kerja online setidaknya saya pernah menghasilkan uang dari beberapa website/aplikasi salah satunya CheetahKeyboard:

Kerja online memang terlihat mudah tapi kenyataannya sulit dan butuh waktu lama, penghasilannya pun bisa dibilang kecil tapi lumayanlah bagi yang sekedar cuma cari uang sampingan.

~

2). Afiliasi.
Belum puas dengan hasil kerja online, saya mulai mencari suatu hal baru supaya bisa menghasilkan pendapatan yang lebih besar dari kerja online, sampai akhirnya ketemulah dengan salah satu artikel di Google yang membahas tentang Afiliasi. Karena tertarik saya mulai menggali informasi lebih dalam dan saya selalu mencari tahu tentang Afiliasi mulai dari cara kerja, penghasilan dan siapa saja yang sudah pernah berhasil, barulah setelahnya saya serius menekuninya sejak tahun 2015 sampai sekarang.

  • Alasan saya tertarik dengan Afiliasi karena cara kerjanya simple yaitu, promosikan dan bagikan link dimana saja jika ada pembelian/pendaftaran melalui link tersebut kita tinggal nunggu dapat komisi, lain halnya dengan "Reseller" yang harus stok barang dulu baru bisa jual.
  • Beberapa website Afiliasi yang pernah saya coba dari Internasional: HostGator, GreenGeeks, SiteGround, Weebly, Shopify, Payoneer, BlueHost, Namecheap, MonkeyBusinessAgency, Fiverr affiliate dll, Nasional: Niagahoster, Hostinger, Triv, Indodax, HayAcademy, P-store dll.
  • Dari sebanyak itu sudah ada beberapa yang menghasilkan uang, seperti dari P-store dan MonkeyBusinessAgency (*yang lain masih belum sampai minimal payoutnya):

Afiliasi sangat cocok bagi yang belum punya modal buat buka bisnis sendiri, sampai sekarang saja saya masih menekuni Afiliasi, tapi sebagai sampingan saja.

~

3). Berjualan di eBay.
Sambil menjalani Afiliasi, tahun 2016 saya mulai kepikiran untuk mencoba cara baru yaitu Berjualan Online, tapi karena masih awam saya sering mencari informasi di forum blog/website dan tak jarang juga saya nanya langsung ke orang-orang yang sudah mulai duluan. Kemudian saya memberanikan diri untuk mulai jualan di eBay (Marketplace Internasional), alasannya karena eBay sangat potensial dan punya jangkauan pembeli internasional, jadi menurut saya kalau jualan secara internasional kemungkinan barang dagangan akan lebih mudah terlihat dan cepat lakunya.

  • Sebelum bisa berjualan, saya sempat terkendala masalah akun seller eBay karena peraturannya setiap penjual di eBay minimal pernah belanja 1x disana, nah karena kebetulan saya punya Mbak yang pernah belanja di eBay, jadi saya izin pinjam akunnya kemudian saya upgrade jadi akun seller.
  • Setelah itu bulan Juli nya saya listing pertama kali, yang saya jual adalah Bitcoin (BTC) yang lagi ramai dan menjadi "The Most Popular Item on eBay" saat itu, sebagai percobaan saya coba jual 0.01 BTC 1x.
  • Alhamdulillah baru sehari saya listing besoknya sudah SOLD OUT, karena masih ada stok kemudian saya re-list sampai 8x dan terjual sangat cepat.
  • Bahkan seringkali "Out Of Stock" karena banyaknya permintaan, dari hasil jualan di eBay Alhamdulillah waktu itu saya mendapatkan hasil keuntungan bersih sekitar ratusan ribu per penjualan.

Tapi saya hanya berjualan di eBay sampai bulan November 2016 saja, karena saya harus fokus pada kegiatan lain (offline) sampai awal tahun 2017.

~

4). Blogger.
Awal 2017 saya mulai jadi blogger untuk sekedar mengisi waktu, karena berjualan di eBay sudah tidak mungkin lagi sebab akunnya sudah otomatis ter downgrade. Kalaupun saya aktif lagi di eBay saya harus memulai lagi dari nol, jadi saya coba cari pekerjaan lain dan saya tertarik dengan dunia blogging karena saya suka menulis dan mempelajari hal-hal yang berkaitan tentang Fintech khususnya Crypto Bitcoin saat itu.

  • Saya mulai beli domain dan membuat artikelnya dalam Bahasa Inggris dengan niche utama Bitcoin, kemudian saya setting SEO dll, akhirnya dalam 5 bulan blog saya selesai dibuat dan berhasil terindex di Google Search Engine. Setelah mulai dapat banyak visitor saya coba ajukan ke Google Adsense dan Alhamdulillah langsung diterima (*pada tahun 2018 nya):
  • Saya sangat berharap dari Adsense tapi justru penghasilan pertama saya sebagai blogger berasal dari Visitor yang meminta saya untuk dibelikan Bitcoin dengan pembayaran PayPal (padahal saya nggak jual Bitcoin lagi), awalnya saya tolak tapi karena dia bisa berikan data verifikasi dan memberikan saya upah untuk itu jadi saya terima:
  • Setelah BTC nya saya kirim, beberapa hari berikutnya dia share info tentang web saya dan mulai ada orang-orang baru yang minta dibelikan BTC juga, ya sudah dari situ saya terus jualan BTC sampai dapat keuntungan yang banyak, tapi cuma bertahan sampai beberapa bulan saja.
  • Saat berharap dari Adsense, malah akunnya di suspend gara-gara saya pasang iklan bersamaan dengan iklan lain, padahal sudah ada penghasilan disitu walau belum sampai payout:

Jadi untuk sekarang blog saya sudah tidak aktif lagi, tapi domainnya masih ada dalam kondisi Grace Period (belum diperpanjang).

~

5). Freelancer online.
Selama jadi blogger saya juga pernah menjadi Freelancer desain karena saya melihat peluang freelance sangat besar ditambah banyaknya kontes-kontes desain online dengan bayaran yang menggiurkan. Yang membuat saya betah jadi Freelancer karena saya bisa melakukan pekerjaan berdasarkan kemampuan saya dimana saja dan kapan saja tanpa terikat kontrak kerja dalam waktu yang panjang, jadi lebih tepatnya kerja sebagai Freelancer adalah hobi yang dibayar.

  • Ada beberapa jasa freelance yang bayarannya cukup tinggi seperti:
    Programmer website/aplikasi, Marketing Research, Public Speaking, SEO, Desainer Grafis/Animator 3D dan Text Writing/Translator.
  • Sebagai Freelancer saya sering mengikuti kontes di:
    99design, Sribulancer, FastWork, Upwork, CrowdSpring, InnoCentive, DesignCrowd, LogoGround, Fiverr dan banyak lagi.
  • Saya pernah menghasilkan uang dari kontes seperti dari Fiverr:
  • Selain dari kontes, saya juga pernah diminta klien untuk dibuatkan 1 logo kustom + icon tambahan, seperti ini :
  • Mereka tahu email saya dari situs freelance, karena setiap ngebid project saya selalu taruh email atau nomor WhatsApp supaya mereka langsung menghubungi saya.
  • Sampai sekarang pekerjaan freelance inilah yang menghasilkan uang paling tinggi dan stabil bagi saya selama mencari uang di internet dan freelance telah menjadi pekerjaan utama saya sejauh ini.

Tapi susahnya sebagai freelancer adalah sangat jarang sekali ada peluang pekerjaan tetap yang bisa dijadikan harapan, apalagi di Indonesia banyak peluang kerja tapi masih jauh dari harapan, ditambah client Indonesia yang rata-rata maunya "Kualitas Ultra High Precision" tapi mintanya murah.

Go Freelance.

~~~

Itulah 5 pekerjaan daring yang pernah saya tekuni dan begitulah hasilnya yang pernah saya dapat, penghasilan sekarang tentu berbeda dari sebelumnya.

Note:
Kalau kalian mau mencari uang di internet mulailah dari yang kecil dulu, tidak usah terlalu terburu-buru untuk mengejar yang lebih besar, karena semua itu butuh usaha dan waktu. Never stop trying!!.

https://qr.ae/pNsf9t

Post a comment

0 Comments