,

Kesalahan perawatan kulit yang sering dilakukan orang-orang, Apa kamu salah satunya?

May 11, 2020

sebenarnya perawatan kulit seseorang tidak bisa di-judge "benar" atau "salah", karena yang paling penting itu "bekerja" atau "tidak bekerja"nya perawatan itu kepada kulit kita. namun, menurut saya ada beberapa hal yang cukup sering dilakukan oleh orang-orang sekitar saya yang justru membuat kulit mereka tidak menampakkan improvement berarti meskipun telah menggunakan produk-produk yang berkualitas, mahal dan memiliki review yang baik.
  • Mencuci wajah terlalu sering
Mencuci wajah yang saya maksudkan disini ialah mencuci wajah dengan menggunakan sabun. Hal ini karena sesungguhnya tujuan dari pencucian wajah itu sendiri ialah untuk membersihkan kotoran yang menempel di wajah, tapi jangan sampai hal-hal yang baik juga ikut dibersihkan. Mencuci wajah terlalu sering justru akan merusak skin barrier (pertahanan kulit) sehingga akan membuat kulit menjadi lebih sensitif yang pada akhirnya akan menimbulkan masalah kulit lebih banyak. Cukup cuci wajah 2 kali sehari. Tidak perlu lebih, apalagi bila kalian bekerja di dalam ruangan. Bahkan beberapa orang sudah melakukan gerakan skip morning cleansing (tidak mencuci wajah pakai sabun di pagi hari). Karena wajah kita di pagi hari tidak begitu kotor dan minyak yang adapun sebenarnya minyak-minyak baik untuk kulit kita. Jikalau memang sangat perlu menggunakan sabun, gunakanlah sabun yang mild.
  • Over exfoliate
Melakukan eksfoliasi berlebih juga salah satu hal yang merusak skin barrier. Apabila kalian masih dibawah 25 tahun, physical exfoliator menjadi pilihan yang tepat. Penggunaan physical exfoliator cukup 2 kali seminggu (scrub maupun sarung tangan eksfoliasi). walaupun produk yang kalian gunakan tertulis "lembut""mild" ataupun "aman digunakan tiap hari", tapi sadarlah, tujuan eksfoliasi sendiri ialah untuk mengangkat sel kulit mati. kulit mati kalian tidak akan menumpuk hanya karena kalian tidak eksfoliasi 1–2 hari, kulit sendiri butuh waktu untuk melakukan regenerasi untuk bisa menciptakan sel kulit mati yang perlu kalian singkirkan.
Untuk usia 25+, saya lebih menyarankan penggunaan chemical exfoliator. selain karena biasanya physical exfoliator tidak begitu bekerja lagi (bahkan justru bisa merusak lapisan kulit kita yang sudah semakin kekurangan collagen), chemical exfoliator juga bisa disesuaikan dengan concern kulit kalian. penggunaan untuk chemical exfoliator bergatung pada persentase bahan aktif yang digunakan. semakin rendah, maka semakin mungkin digunakan lebih sering. jadi tidak heran ada toner yang notabene digunakan tiap hari namun mengandung chemical exfoliator. sedangkan yang memiliki persentase yang tinggi bisa digunakan 2–4 minggu sekali (biasanya di klinik kecantikan). beberapa brand pun meluncurkan chemical exfoliator dengan persentase cukup tinggi (tidak setinggi di klinik kecantikan), namun dengan saran penggunaan 1–2 kali seminggu.
  • Menggunakan produk tidak sesuai saran penggunaan
Nah, salah satu yang paling sering saya dapati ialah menggunakan sheet mask semalaman atau hingga sheet mask berubah menjadi kertas/tissue kering. Penggunaan sheet mask sebaiknya max. 30 mnt (itupun kalau sheet mask yang digunakan memiliki banyaaak essence). kenapa? padahal sheet mask-nya masih basah? karena sheet mask yang digunakan terlalu lama justru akan menyerap kembali kelembaban yang awalnya sudah ditransfer ke kulit kita.
  • Menggunakan rangkaian produk tidak sesuai urutan
Walaupun tidak ada urutan yang paling tepat dalam membuat skincare routine (10 steps atau hanya 3 step), namun hal yang perlu diingat ialah penggunaan produk setelah mencuci wajah ialah dari produk yang paling cair hingga ke produk yang paling thick/tebal seperti cream. Daaan.. kalian juga tidak perlu menggunakan banyak produk, cukup lakukan 3 steps, cleanse (bersihkan wajah sebaik mungkin tanpa membuatnya terasa kering-kesat, ingat, itu wajah, bukan piring kaca), moisturize (gunakan pelembab yang sesuai kebutuhan kulitmu dan sesuai jenis kulitmu, cream-type untuk kulit normal-kering dan gel-type untuk kulit berminyak), terakhir protect (lindungi kulitmu 365 hari dalam setahun dengan menggunakan sun protection).
  • Tidak memahami bahan aktif yang digunakan
Beberapa dari kalian mungkin sudah mengetahui bahwa produk skincare sekarang ini mengharuskan kita menjadi konsumen yang lebih pintar dalam memahami bahan aktif yang diperlukan oleh kulit kita. Akan tetapi, mengetahui bahan aktif yang diperlukan saja tidak cukup. Kita juga perlu mengetahui apakah bahan aktif tersebut cocok atau tidak cocok dengan bahan aktif lainnya, sehingga kita bisa mengoptimalkan kerja bahan aktif tersebut serta menghindari terjadinya kemungkinan iritasi bila ada bahan aktif yang tidak cocok digunakan bersamaan.
  • Tidak konsisten!
Terakhir, kalian harus konsisten!! Tidak peduli seberapa mahalnya produk yang kalian gunakan, kalian tidak akan mendapatkan hasil yang kalian inginkan dan apa yang produk tersebut klaim bila kalian tidak konsisten. Banyak orang yang menginginkan hasil instant dari produk yang mereka inginkan tanpa mengetahui bahwa produk tersebut membutuhkan waktu untuk dapat bekerja dan memberikan efek di kulit. Jadi, pahami juga berapa lama waktu yang diperlukan agar suatu produk dapat memberikan efek/hasil di kulit kalian. Beberapa orang juga terlalu cepat puas dengan efek instant yang dihasilkan suatu produk, sehingga mereka langsung berhenti menggunakan produk tersebut karena telah memberikan efek/hasil yang mereka inginkan. Akan tetapi, ketika mereka berhenti menggunakannya, efek/hasil tersebut berkurang atau menghilang dan menyalahkan produk yang memberikan efek ketergantungan. Padahal, ada beberapa produk yang bisa memberikan efek instant namun tidak permanen, efek permanen tersebut hanya bisa didapatkan dari penggunaan rutin dan konsisten.








https://qr.ae/pNyy1y

You Might Also Like

0 comments

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts

Flickr Images