Cara mengidentifikasi penipu di media sosial Instagram

May 07, 2020

Wah ini hobi saya nih
Haha maksudnya saya hobi sekali mencari hal-hal janggal pada sebuah akun. Terutama akun jualan di instagram. Karena beberapa followers saya ternyata pernah ditipu saat membeli produk seharga ratusan ribu.
Oke saya jelaskan :
  1. Followers banyak belum tentu menjadi jaminan bahwa akun terpercaya. Ada bahkan followersnya bisa mencapai ratusan ribu tapi itu ternyata akun palsu. Ya buat nipu pembeli dengan embel-embel followers banyak gak mungkin bakal nipu.
2. Mereka tidak tersedia atau tidak melayani pembelian lewat shopee, tokped, lazada, atau marketplace lainnya. Sudah jelas ini akun olshop yang meragukan. Memang tidak semua memiliki akun di marketplace, tetapi cara seperti inilah yang digunakan penipu supaya pembeli bisa langsung transfer uangnya kepada mereka.
3. Akun komentar dibatasi atau dinonaktifkan. Ini tujuannya biar tidak ada orang yang sudah tertipu mengomentari hal-hal jelek di postingan mereka. Atau supaya tidak ada yang melaporkan bahwa ternyata akun mereka menipu.
4. Berganti-ganti nama akun supaya tidak mudah dicari orang yang sudah ditipu. Kadang mereka pun mengganti akun hanya sekadar mengganti huruf titik atau garis bawah di nama akun mereka. Untuk tahu cara mengeceknya, Anda bisa mencobanya seperti ini :
a. Klik titik tiga di pojok kanan atas akun olshop tersebut.
b. Kemudian pilih "tentang akun ini"
c. Anda bisa pilih "nama pengguna sebelumnya" untuk mengecek sudah berganti nama apa aja si akun olshop tersebut.
5. Biasanya mereka juga memberi embel-embel 100% original.
6. Harga yang ditawarkan untuk produk tersebut tidak masuk akal. Harga bisa menjadi sangat murah dari harga asli barang tersebut.
7. Biasanya rekening yang digunakan untuk transaksi adalah bank BTPN. Bukan tidak mungkin bila olshop menggunakan bank lainnya, tetapi sudah banyak kasus penipuan yang dilaporkan dengan transaksi ke rekening bank BTPN.
8. Cek apakah adakah akun yang menandai atau mentag akun olshop tersebut sebagai tindak penipuan? Tetapi terkadang pihak olshop langsung menghapus tanda atau tag tersebut supaya orang yang akan membeli tidak tahu bahwa akun mereka menipu.
9. Testi palsu atau mengambil testi asli dari akun olshop yang memang terpercaya. Ini sering dilakukan supaya penipu bisa meyakinkan bahwa produk mereka memang tersedia dan aman untuk melakukan pembelian (tidak menipu.
10. Membayar para selebgram untuk melakukan endors palsu berupa video atau foto. Tak sedikit cara ini dilakukan oleh para penipu untuk meyakinkan calon pembeli. Kita juga tidak bisa menyalahkan pihak selebgram atas endorsment tersebut, karena biasanya mereka mendapat endorsment dari pihak management dan hanya menjalankan tugas sesuai yang diminta.
11. Saat melakukan pemesanan, format order disertai dengan akun IG pembeli. Di sini tujuannya adalah agar saat proses transaksi transfer sudah selesai, penjual akan langsung memblokir nomor whatsapp pembeli dan otomatis memblokir akun IG yang tadi sudah diisi oleh pembeli pada format order.
Supaya tidak mudah tertipu akun olshop gadungan, lebih baik menggunakan cara-cara tersebut. Cek terlebih dahulu dengan teliti. Di sini saya juga memberikan cara agar tidak mudah tertipu dengan mengecek nama olshop di akun ini. Anda juga bisa melaporkan akun olshop tersebut di akun ini agar dipublish supaya orang lain tidak ikutan tertipu.
Semoga bermanfaat.

https://qr.ae/pNypsA

You Might Also Like

0 comments

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts

Flickr Images